Pages

Thursday, July 8, 2010

Registry Editor

Registry merupakan kumpulan database yang berhubungan dengan semua pengaturan Windows, dan semua aplikasi yang terinstall di dalamnya. Perubahan registry dapat beresiko kerusakan system komputer secara keseluruhan apabila kita melakukan kesalahan dalam “mengotak-atik” registry pada komputer. Oleh kerana itu, sebelum melakukan modifikasi, disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu, untuk lebih lanjut tentang bagaimana cara membackup registry pada komputer, Kamu bisa baca di sini. Nah, jika terjadi kesalahan dalam melakukan modifikasi, kita dapat merestore kembali kepada keadaan registry semula. Kamu juga bisa baca Bagaimana Cara Me-restore atau mengembalikan registry di sini.

Lokasi Penyimpanan Registry

Dalam Windows 95, 98, Me, registry ini tersimpan di dalam file tersembunyi dalam Windows, yaitu USER.DAT dan SYSTEM.DAT. Sedangkan pada Windows 2000 dan XP, Vista registry ini disimpan di folder\windows\system32\config dan pada \Documents and Settings\(username).

Struktur Registry

Registry mempunyai struktur seperti direktori pada harddisk atau pada windows explorer (Bercabang). Setiap cabang (dilambangkan dengan icon folder dalam Registry Editor) disebut sebagai Key. Setiap key dapat berisi key lain serta Value-Value (nilai). Setiap Value berisi informasi aktual yang disimpan dalam Registry. Ada tiga jenis nilai String, Binary dan DWORD dan penggunaan dari ketiganya tergantung pada konteks.

Ada enam cabang utama (lima di Windows 2000 dan Windows XP), masing-masing berisi bagian spesifik dari informasi yang disimpan dalam Registry. Enam cabang tersebut adalah sebagai berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT adalah cabang ini berisi semua jenis (type) file kita, dengan kata lain daftar file kita sampai ke akar-akarnya.

HKEY_CURRENT_USER adalah cabang yang berhubungan dengan HKEY_USERS (khusus pengguna lain), cabang yang menunjuk ke bagian dari HKEY_USERS cocok untuk current user.

HKEY_LOCAL_MACHINE adalah cabang yang berisi informasi tentang semua perangkat keras dan perangkat lunak yang diinstal pada komputer kita. Karena Anda dapat menetapkan beberapa konfigurasi hardware, konfigurasi perangkat keras saat ini ditentukan dalam HKEY_CURRENT_CONFIG.

HKEY_USERS >> HKEY_USERS adalah cabang yang berisi preferensi tertentu (seperti warna dan pengaturan panel kontrol) untuk masing-masing pengguna komputer. Pada Windows 95/98/ME, cabang default ini berisi user yang sedang login. Pada Windows 2000/XP, cabang default ini berisi template yang akan digunakan untuk menambah pengguna baru.

HKEY_CURRENT_CONFIG adalah cabang yang menunjuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE yang sesuai dengan konfigurasi perangkat keras ya

0 comments:

Post a Comment